Profil Stres Akademik Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan Student Stres Inventory
DOI:
https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1543Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stres peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan instrumen Student Stress Inventory. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis dengan uji normalitas teknik statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan melibatkan 40 butir item pertanyaan terkait beberapa aspek stres yang dialami peserta didik. Populasi penilaian melibatkan seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel sebanyak 118 yang terdiri dari 56 peserta didik laki-laki (47,5%) dan 62 peserta didik perempuan (52,5%) yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39,8% peserta didik mengalami tingkat stres rendah, 58,5% peserta didik berada ditingkat stres sedang dan 1,7% peserta didik mengalami stres berat. Peserta didik perempuan cenderung mengalami tingkat stres lebih tinggi dari pada peserta didik laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya intervensi bimbingan dan konseling yang lebih spesifik dan dukungan sosial yang memadai dari lingkungan sekolah dan keluarga untuk membantu peserta didik memanajemen stres dengan lebih baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dira Ayunanda Oktavia, Denok Setiawati, Indah Ayu Mardiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









