Profil Stres Akademik Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan Student Stres Inventory

Authors

  • Dira Ayunanda Oktavia Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Ayu Mardiningsih SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stres peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan instrumen Student Stress Inventory. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis dengan uji normalitas teknik statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan melibatkan 40 butir item pertanyaan terkait beberapa aspek stres yang dialami peserta didik. Populasi penilaian melibatkan seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel sebanyak 118 yang terdiri dari 56 peserta didik laki-laki (47,5%) dan 62 peserta didik perempuan (52,5%) yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39,8% peserta didik mengalami tingkat stres rendah, 58,5% peserta didik berada ditingkat stres sedang dan 1,7% peserta didik mengalami stres berat. Peserta didik perempuan cenderung mengalami tingkat stres lebih tinggi dari pada peserta didik laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya intervensi bimbingan dan konseling yang lebih spesifik dan dukungan sosial yang memadai dari lingkungan sekolah dan keluarga untuk membantu peserta didik memanajemen stres dengan lebih baik.

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

Oktavia, D. A. ., Setiawati, D. ., & Mardiningsih, I. A. . (2024). Profil Stres Akademik Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan Student Stres Inventory . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 468–473. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1543