Psikoedukasi Moderasi Beragama Bagi Siswa SMA Negeri 22 Pagedangan Kabupaten Tangerang

Authors

  • Raja Oloan Tumanggor Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1510

Abstract

Menghadapi fenomena semakin maraknya praktek intoleransi di tengah masyarakat, perlu dilakukan psikoedukasi mengenai moderasi beragama di tengah masyarakat. Institusi pendidikan khususnya di sekolah menengah memiliki peran strategis dalam memasyaraktkan sikap moderat dalam beragama, agar para siswa memiliki pemahaman dan penghayatan yang benar dan lengkap mengenai moderasi beragama. Sikap beragama yang moderat dibutuhkan di tengah masyarakat yang majemuk baik dari segi suku, budaya, agama dan keyakinan. Kegiatan psikoedukasi mengenai moderasi beragama dilaksanakan pada 25 orang siswa-siswi SMA Negeri 22 Pagedangan, Kec. Pagedangan Provinsi Banten. Kegiatan yang dimulai dengan ceramah dan pemaparan ini pertama-tama menjelaskan pengertian moderasi beragama. Kemudian disusul dengan karakteristik orang yang memiliki sikap moderat dalam beragama. Berbagai cara dapat dilakukan oleh sekolah untuk memperkenalkan moderasi beragama di kalangan para siswa seperti melalui pembelajaran, ekstra kurikuler, atau kegiatan sekolah. Dalam sesi tanya jawab terungkap bahwa moderasi beragama sungguh urgen dilakukan untuk menghindari konflik horizontal di kalangan masyarakat. Para siswa terbantu dengan psikoedukasi ini dan berharap masih bisa dilakukan pada kesempatan berikutnya guna membangun sikap moderat dalam beragama di kalangan para siswa.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Tumanggor, R. O. (2024). Psikoedukasi Moderasi Beragama Bagi Siswa SMA Negeri 22 Pagedangan Kabupaten Tangerang . Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 341–345. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1510