Pengembangan Classroom E-Museum berbasis Augmented Reality sebagai media informasi Komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) Untuk Meningkatkan Branding Wisata Warisan Budaya di Malang

Authors

  • Ferdinan Bashofi Universitas Insan Budi Utomo
  • Septa Rahadian Universitas Insan Budi Utomo
  • Muhammad Nur Cholis Universitas Insan Budi Utomo
  • Nurcholis Sunuyeko Universitas Insan Budi Utomo
  • Fabianus Aksa Universitas Insan Budi Utomo
  • Noviawati Syah Putri Universitas Insan Budi Utomo
  • Ridon Pombu Parana Universitas Insan Budi Utomo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1432

Abstract

Jelajah Jejak Malang merupakan sebuah perkumpulan masyarakat yang begerak pada penelitian, pemeliharan, dan pengembangan situs-situs warisan budaya di wilayah Malang. Dari hasil analisis awal JJM mempunyai beberapa faktor yang menghambat dalam menggali informasi dan mempromosikan warisan budaya di wilayah Malang kepada masyarakat yang tertarik dengan wisata warisan budaya. Tujuan dari Pengembangan Classroom E-Museum berbasis Augmented Reality sebagai media informasi Komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) untuk meningkatkan Branding wisata warisan budaya di Malang adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan peninggalan warisan budaya Malang kepada masyarakat luas melalui teknologi digital. Kegiatan pengabdian dimulai dengan mengembangkan website www.jelajahjejakmalang.com dan platform digital Classroom E-Museum, meliputi pemetaan konten-konten yang akan dimasukkan dalam website, dan pengambilan data lapangan untuk website dan aplikasi android. Selanjutnya pelatihan dan sosialisasi dilakukan setelah website www.jelajahjejakmalang.com dan platform digital Classroom E-Museum selesai dibuat sesuai dengan standar , peran komunitas JJM selanjutnya adalah terlibat dalam kegiatan pelatihan dan sosialisasi dalam penggunaan media digital yang telah dikembangkan tersebut. Komunitas Jelajah Jejak Malang juga memiliki peran penting dalam melakukan evaluasi dan pemeliharaan website www.jelajahjejakmalang.com dan platform digital Classroom E-Museum. Komunitas JJM berkerja sama dengan institusi pengabdi saling berkolaborasi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas konten media digital yang terdapat dalam website dan aplikasi Classroom e-museum agar memberi kebermanfaatan kepada lingkungan Pendidikan dan masyarakat pada umumnya.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Bashofi, F. ., Rahadian, S. ., Cholis, M. N. ., Sunuyeko, N. ., Aksa, F. ., Putri, N. S. ., & Parana, R. P. . (2024). Pengembangan Classroom E-Museum berbasis Augmented Reality sebagai media informasi Komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) Untuk Meningkatkan Branding Wisata Warisan Budaya di Malang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 310–316. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1432